Cara Menanam Cabe Keriting ~ Agro Budidaya

Cara Menanam Cabe Keriting



Menanam cabai keriting pada prinsipnya tak jauh tidak sama dengan menanam cabai merah. Jadi tips disini dapat diaplikasikan juga untuk budidaya cabai merah. Untuk teman dekat yang tetap pemula dalam bertani cabai, mari latihan dahulu dalam taraf kecil-kecilan di halaman rumah, sebelum saat terjun segera menanam cabai di tempat pertanian. 

Simak langkah-langkahnya dengan cara bertahap pada penjabaran dibawah ini. Apabila ada yang mau di tanyakan, janganlah sungkan untuk melayangkan sms. Praktik disini bakal menanam cabai keriting di pekarangan segera. 

1. Menggali Lubang Tanam

Lantaran menanamnya di pekarangan segera, kami menggali lubang untuk menanam cabai keriting ini. Kedalaman seputar 40-50 cm, begitupun diameternya. Yaitu utama untuk sediakan area yang cukup luas untuk akar hingga perubahan akar serta penyerapan hara oleh akar dapat maksimal. Tetapi Teman dekat Organik dapat memakai wadah seperti pot/polybag dengan ukuran minimum tinggi 40 cm x lebar 40 cm. Atau, Teman dekat bikin bedengan di tempat pertanian, dengan ukuran lebar bedengan 100 cm, tinggi 40-50 cm, panjang optimal 25 m. Lebar antarbedengan/parit 60-70 cm. 



Catatan : Yakinkan Teman dekat mencangkuli tanah hingga lembut benar!



2. Menaburkan Pupuk Kandang 

Setelah itu lubang tanam diberi pupuk kandang. Berbentuk kotoran ayam atau burung, serta baiknya dikombinasi dengan kotoran kambing/sapi/kuda. Dosis totalnya minimum 1/2 kg per pohon. 


2. Menyiramkan/menyemprotkan Pupuk Cair Organik
Kotoran ini mesti disemprot Pupuk cair dahulu supaya perkembangan tanaman subur serta sehat. Pupuk cair bisa anda pilih sendiri, pupuk cair memiliki kandungan pupuk komplit makro-mikro, jutaan mikroba penyubur serta juga ZPT/hormon perangsang sekalian. Sesudah disemprot, pupuk kandang diaduk-aduk/dicangkuli dengan tanah. Media tanam/bedengan ini lalu dirapikan.

3. Mengistirahatkan Media Tanam

Sesudah penyemprotan ini tempat lalu diistirahatkan sepanjang minimum 1 minggu. Step ini benar-benar utama jadi jangan sempat Teman dekat terlewat! Dengan mengistirahatkan tempat supaya makanan/unsur hara jadi siap makan oleh tanaman.

Catatan : Bila Anda menanam di tempat pertanian, maka sepanjang masa pengistirahatan ini bedengan jangan ditutup mulsa! Biarlah gas toksin dari dalam tanah serta pupuk kandang menguap ke hawa.

4. Menanam Bibit
Bila tempat telah diistirahatkan maka bibit/benih cabai siap kita tanam. Untuk hindari bibit stress, penanaman baiknya dikerjakan pada sore hari.

Dalam praktik ini kami mempunyai bibit yang umurnya telah terlampau tua (1 bln. lebih di persemaian). Walau sebenarnya umur bibit cabai yang maksimal yaitu pada 22-26 hari, atau sudah mempunyai daun prima sejumlah 5 helai. Bibit yang telah tua biasanya kurang layak ditanam lantaran produktivitasnya dapat alami penurunan.

Bila Teman dekat menyemai cabai memakai plastik polibag, maka langkah melepasnya yaitu dengan membalikkan posisi bibit menghadap ke bawah. Batang bibit kita apit dengan dua jari tangan kanan, sedang tangan kiri kita menarik pantat plastik polybag. Kerjakan penarikan ini dengan cara perlahan hingga akar bibit tak ada yang putus serta media semai tak terburai. Tetapi, yakinkan Anda menyiram dahulu bibit hingga basah benar hingga sistem pencopotan polybag bisa dikerjakan dengan gampang.
Sistem pelepasan polybag semai

5. Sistem pelepasan polybag semai
Sesudah polybag lepas, maka kerjakan penanaman bibit ke tempat dengan cara hati-hati. Tanah/medianya jangan sempat terburai serta akar janganlah terganggu. Penanaman sedalam 6 cm serta akar mesti tertimbun seluruhnya. Penimbunan mesti cukup mencengkram bibit tetapi tanahnya jangan ditekan-tekan hingga padat!

Sesudah penanaman, janganlah lupa bibit selekasnya disiram. Penanaman yang baik yaitu kunci awal dari sehatnya tanaman.
setelah ditanam segera disiram secukupnya

Esoknya, tanaman cabai kami terlihat fresh serta sehat. Perlakauan penanaman yang baik serta hati-hati menghasilkan perkembangan yang baik pada masa-masa awal. Tanaman tak tunjukkan sakit dahulu, tak merana.

Penampakan tanaman yang fresh serta sehat satu hari sesudah tanam
sehari setelah tanam



Previous
Next Post »
Thanks for your comment