Mengenal Tanaman Ganyong Umbi - umbian ~ Agro Budidaya

Mengenal Tanaman Ganyong Umbi - umbian



Ganyong adalah type umbi-umbian yang bisa tumbuh di nyaris seluruhnya jeis tanah. Walau demikian, ganyong bisa tumbuh serta berproduksi paling maksimal saat ditanam di tanah yang berpasir serta mempunyai humus yang yang cukup tinggi. Tanaman ganyong bisa hidup sampai keringgian 2500 mdpl serta mempunyai kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Ganyong datang dari amerika selatan lalu menyebar ke Asia, Australia, Polinesia, serta Afrika


Biasanya di kenal dua jenis ganyong yakni ganyong putih serta ganyong merah. Yang memebedakan keduanya yaitu daun, batang, umbi, serta juga rimpangnya. Ganyong merah mempunyai daun yang berwarna hijau muda dengan tepid an tulang daun yang berwarna merah, batang semu berwarna coklat kemerahan, serta mempunyai umbi yang jadi berwarna putih. Ganyong putih mempunyai daun yang berwarna hijau tua yang rata di semua sisi daun. Batang berwarna hijau serta umbinya berwarna putih kecoklatan.

Budidaya

Tanaman ganyong gampang didapati di pekarangan, tegalan, bahakan pada teian persawahan. Sering juga ganyong berniat di tanam di gelengan sawah. Perbanyakan dikerjakan dengan rimpangnya. Anakan rimpang dipoting dari rimpang induknya lalu ditanam pada lubang yang sudah disiapkan pada mulanya. Penanaman dikerjakan pada awal musim penghujan serta jarak tanamtidak sempat ditata dengan cara baku, cuma menurut keadaan serta situasi tanah. Pemupukan dikerjakan dengan memakai pupuk kandang serta pupuk kompos. Penyakit yang kerap ada di pertanaman ganyong yaitu busuk umbi, busuk daun, serta karat daun. Nyaris tak ada hama yang menyerang tanaman ganyong. Ingindalian hama serta penyakit tanaman ganyong tak sempat dikerjakan lantaran dikira tak ekonomis.

Pemanfaatan

Umbi bayak digunakan untuk bahan pangan sedang daunnya dipakai untuk pakan ternak. Ganyong merah ataupu ganyong putih banyak dipakai untuk makanan selingan yang dimakan dalam wujud umbi rebus maupun umbi kukus. Umbi ganyong berasa manis serta mempunyai struktur yang pulen. Umbi ganyong bisa diolah selanjutnya jadi pati atau tepung untuk beragam bahan makanan seperti dawet, roti, kue, mie soon, dodol, krecek ganyong, serta juga bisa digunakan untuk bahan pembuatan mekanan bayi.

Pembuatan tepung dikerjakan lewat cara menguliti umbi serta mengeringkannya. Gaplek ganyong lalu ditumbuk halus serta diayak halus. Untuk bikin pati, umbi fresh yang sudah dikeluapas digiling, diperas, lalu disaring. Air perasan lalu diendapkan serta diperoleh endapan pati ganyong. Supaya pati bisa disimpan dalam periode waktu yang lama, pati dikeringkan dibawah cahaya matahari hingga betul-betul kering.

Di pasar lokal, ganyong di jual dalam wujud umbi fresh maupun telah jadi beragam jenis olahan. Tepung serta pati ganyong umumnya di jual dalam situasi kering.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment