Budidaya Aglonema ~ Agro Budidaya

Budidaya Aglonema






Tanaman aglaonema adalah satu diantara type tanaman hias daun lantaran keindahan tanaman ini terdapat pada wujud, corak, serta warna daunnya. Aglaonema di Indonesia dimaksud juga Sri Rezeki adalah tanaman dari family Araceae. Habitat asli tanaman ini yaitu dibawah rimba tropis, tumbuh baik pada areal dengan intensitas penyinaran rendah serta kelembapan tinggi.

Prasyarat Tumbuh

Karakter dari tanaman aglaonema bermacam, ada yang bisa terkena cahaya matahari serta ada juga yang perlu ternaungi, beberapa galaonema bisa hidup ditempat lembab serta beberapa lagi ditempat sedikit kering. Lokasi yang ideal untuk menjaga aglaonema yaitu daerah yang ketinggian 300-400 m dpl. Tetapi, tak tutup kemungkinan dapat juga tumbuh baik di dataran rendah. Sesuai sama hakikatnya aglaonema suka pada lokasi yang teduh dengan pencahayaan terbatas. Intensitas cahaya matahari berkisar10-30%, kelembapan 50-70% serta suhu 28-300C malam hari.

Pot

Sebagian jenis pot yang bisa dipakai untuk wadah penanaman, yakni :

Pot tanah liat. Pot ini cukup bagus lantaran dindingnya bisa menyerap serta buang keunggulan air dalam pot
Pot plastik. Pot type ini banyak dipakai dalam penanaman aglaonema. Kekurangan pot plastik, yakni sifatnya yg tidak menyarap air. Tetapi, kekurangan ini bisa diatasi dengan dibuatkan lubang pembuangan air di basic pot.
Pot keramik. Keunggulan pot ini terdapat pada keindahan gambar atau ukiranya. Untuk memakai keunggulan ini, tanaman bisa di tanam segera dalam pot.

Pada prinsipnya, aglaonema tak menentukan media tanam yang spesial. Tetapi, yang pasti media tsb mesti bisa melindungi kelembapan atau tak terlampau basah serta memiliki drainase yang baik. Untuk mempunyai tanaman aglaonemayang tumbuh baikdiantaranyaadalahdengan menggunakanmedia dengan komposisi yang cocok, media dengan tingkat keasaman atau pH serta porositas yang ideal benar-benar baik untuk perkembangan aglaonema.

Media tanaman aglaonema juga mesti steril, yakni bebas dari penyakit, tak gampang lapuk serta hancur. Tersebut jenis type unsur yang dipakai untuk media tanam aglaonema yang pastinya dengan tingkat porositas yang tidak sama dengan kekurangan serta keunggulan masing-masing. Sebagian unsur media tanam yang bisa dipakai, seperti berikut :

Sekam bakar digabung coco peat dengan perbandingan 50 : 50. Lalu ditaburi pupuk lambat larut. Oleh lantaran penyerapan coco peat pada air cukup banyak maka baiknya di bagian bawah pot atau lapisaan paling bawah media di beri styrofoam yang relatif banyak.
Sekam bakar, coco peat serta pasir malang digabung dengan perbandingan 40 : 40 : 20. Sesudah tercampur rata, ditabur pupuk lambat larut.
Sekam bakar digabung coco peat serta pasir malang dengan perbandingan 40 : 20 : 40. Sesudah tercampur rata di beri pupuk lambat larut.

1. Pakis

Pakis bisa menaruh air dengan baik serta mempunyai drainase serta aerasi yang bagus, akar bisa menyerap air dengan gampang serta leluasa untuk berkembang, tak gampang lapuk serta mempunyai ketahanan cukup tinggi.

2. Sekam bakar

Sekam bakar mempunyai keunggulan unsur yang terdapat pada sifatnya yang steril serta daya tahannya meraih 1 th., aerasinya cukup baik tetapi daya serap pada air kurang baik.

3. Pasir malang

Pasir malang unsur media yang tingkat porositasnya cukup baik, karenanya pemakaiannya untuk menghindar media yang telalu basah serta air yang kembali kenang.

4. Coco peat


Coco peat yaitu sabut kelapa hasil olahan. Unsur media ini benar-benar pas dipakai apabila inginkan media yang cukup lembab terutama di daerah yang kering serta panas. Coco peat bisa menahan air cukup lama dalam jumlah yang banyak, tetapi sifatnya gampang lapuk.

Penanaman

Penanaman aglaonema tak tidak sama dengan tanaman yang lain, cuma dibutuhkan penambahan styrofoam untuk mempermudah pembuangan air. Pot yang telah disediakan berisi syrofoam seputar 1/3 pot. Lalu media dimasukkan sampai 1/2 pot. Butuh di perhatikan bahwasanya akar tanaman dijaga supaya tak rusak. Masukkan tanaman ke dalam pot, lalu di beri media lagi sampai nyaris penuh. Sesudah disiram, letakkan tanaman di tempat yang teduh.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment