Jenis dan Kriteria Pepaya Unggul ~ Agro Budidaya

Jenis dan Kriteria Pepaya Unggul



pepaya unggul


Tanaman pepaya (Carica papaya L.) adalah satu diantara tanaman buah tropis asal Meksiko Selatan. Tanaman ini tumbuh di daerah-daerah basah, kering, daerah dataran rendah, dan pegunungan hingga ketinggian 1. 000 m diatas permukaan laut. Tetapi di dataran tinggi buah yang dihasilkan kurang maksimal.

Menurut morfologinya, buah pepaya terhitung buah buni dengan daging buah yang tidak tipis serta mempunyai rongga buah dibagian tengahnya. Batangnya berupa silinder dengan diameter 10-30 cm serta berongga. Daun-daunnya tersusun spiral berkelompok dekat dengan ujung batang, tangkai daun bisa meraih panjang 1 m, berongga serta berwarna kehijauan, merah jambu, kekuningan, atau keunguan.

Bersamaan dengan berkembangnya pengetahuan genetika serta pemuliaan tanaman, beberapa peneliti lakukan riset untuk memperoleh pepaya yang lebih unggul. Pada intinya, maksud umum dari pemuliaan pepaya yaitu untuk memperoleh kultivar yang tambah baik dari kultivar yang telah ada. Jenis tanaman pepaya unggul yang di idamkan diantaranya pohonnya rendah (dwarf atau kerdil), saat pembungaannya cepat (genjah), produktivitasnya tinggi, serta tahan pada hama penyakit.

Tak hanya untuk penuhi wawasan keilmuan, perakitan pepaya unggul juga diutamakan pada preferensi customer untuk konsumsi fresh. Beberapa customer ada yang inginkan buah pepaya memiliki ukuran kecil (0. 5 - 0. 75 kg), tengah (0. 75- 2. 5 kg), besar (kian lebih 2. 5 kg), warna daging buah jingga hingga merah, warna kulit hijau tua, rongga buah kecil (edible portion tinggi), kulit buah halus, wujud buah lonjong, daging buah bertekstur padat, terasa manis serta tak ada pahitnya atau rasa getah, dan beraroma khas.

Sebagian Persyaratan Pepaya Unggul


Unuk menjawab banyak pertanyaan khalayak perihal persyaratan pepaya unggul, tersebut uraian ringkas yang bisa jadikan acuan.
pepaya unggul

Produktivitas serta Mutu Tinggi

Produktivitas serta mutu pepaya bisa di kembangkan lewat aktivitas pemuliaan tanaman. Produktivitas buah pepaya bisa diukur dari banyak jumlah buah serta berat kilogramnya dalam luasan spesifik, sedang mutu buah bisa diidentifikasi dari ukuran, warna serta struktur daging buah, rasa, serta aromanya. Misal pepaya unggul yang memiliki produktivitas serta mutu tinggi diperlihatkan oleh rangkaian buah yang padat seperti pada pepaya genotipe IPB 3 (Carisya), pepaya genotipe IPB 4 (Calisa), serta pepaya genotipe IPB 1 (Arum Bogor). Pepaya unggul Arum Bogor memiliki tampilan yang kecil/mini, warna daging buah merah, rasa buah benar-benar manis, serta aroma yang harum.

Saat Pembungaan Cepat

Biasanya pepaya dipanen pada usia 160 - 180 hari sesudah bunga mekar (antesis). Dengan pemuliaan, tanaman pepaya dirakit supaya dapat berbunga serta berbuah lebih cepat (genjah). Untuk misal pepaya IPB 1 berbunga pada usia 4 - 5 bln. serta usia petiknya kurang lebih 140 hari sesudah antesis.

Ciri-ciri Pohon yang Rendah

Ciri pepaya unggul bisa dipandang dari keragaan/perawakan tanaman yang rendah atau kerdil (dwarf). Keragaan yang kerdil bakal lebih gampang dalam perawatan serta pemanenan. Diluar itu, pepaya kerdil bisa jadikan untuk tanaman hias yang eksotik untuk penghias taman di pekarangan.

pepaya unggul
Tak ada Kekosongan Buah

Kekosongan buah (skip) pada batang berlangsung lantaran kerontokan buah. Hal semacam ini dikarenakan bunga prima (hermaprodit) beralih jadi bunga petandria atau bunga rudimenter yang membuahkan akan buah tak prima hingga akan buah jadi rontok. Meskipun skip pada tanaman pepaya berbentuk sesaat, tetapi untuk melindungi kontinuitas produksi yang tinggi, baiknya tak berlangsung skip. Karenanya maka beberapa pemulia tanaman berusaha merakit buah papaya unggul supaya tak berlangsung kekosongan buah.

Wujud Seragam


Perbedaan selera, hasrat, serta keperluan customer pada buah pepaya mesti terus di perhatikan. Biasanya customer suka pada wujud pepaya yang lonjong dibanding buah yang bulat. Diluar itu ada yang suka pada ukuran buah besar, beberapa yang lain lebih sukai yang kecil. Sesuai dengan tungutan customer bakal wujud buah pepaya, pemulia pepaya di Pusat Kajian Hortikultura Tropika IPB (PKHT IPB) sudah membuahkan tiga jenis ukuran buah pepaya, yakni kecil/mini, tengah/medium, serta jenis besar. Untuk pemasaran yang dibutuhkan yaitu wujud buah yang seragam.

Tahan serangan Hama serta Penyakit

Ada hama yang yang ditakuti bila menyerang pepaya, yakni kutu putih pepaya (Paracoccus marginatus). Bukan sekedar hama, patogen juga sering menyerang tanaman pepaya, umpamanya patogen Colletotrichum sp pemicu antraknosa atau pemicu busuk batang serta busuk buah. Serangan hama serta penyakit itu benar-benar punya pengaruh pada produksi serta mutu buah.

Serangan hama serta penyakit yang tinggi jadi satu diantara hambatan dalam penanaman pepaya di Indonesia yang terhitung daerah tropis. Curah hujan serta kelembaban yang tinggi selama th. menyebabkan perubahan hama serta penyakit amat cepat. Fluktuasi suhu yang ekstrim juga bertindak dalam penyebaran hama serta penyakit. Oleh karenanya ketahanan pepaya pada serangan hama serta penyakit adalah satu diantara ciri pepaya unggul.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment