Mewaspadai Penyakit pada Ikan Nila ~ Agro Budidaya

Mewaspadai Penyakit pada Ikan Nila



Mewaspadai Penyakit pada Ikan Nila

Mewaspadai Penyakit pada Ikan Nila | Agro Budidaya -Serangan penyakit tidak sering diketemukan mewabah dengan cara besar-besaran dalam budidaya ikan nila. Bila juga ada, cuma berbentuk serangan lokal. Tetapi pembudidaya terus mesti waspada. Lantaran penyakit ikan nila bukanlah tak mungkin saja datang mengganggu.

Keadaan paling rawan pada serangan hama serta penyakit umumnya berlangsung pada fase pembenihan ikan nila, dari penetasan sampai pendederan. Penyakit ikan nila dapat ditularkan melalui aliran air, udara serta kontak segera. Atau, berlangsung lantaran keadaan lingkungan yang jelek.

Penyembuhan hama serta penyakit pada ikan cukup mengambil alih sumber daya serta biayanya mahal. Oleh karenanya, pencegahan mesti lebih diprioritaskan di banding penyembuhan. Dipandang dari sisi ekonomi aksi pencegahan lebih efesien.

Pencegahan hama serta penyakit

Pencegahan adalah langkah yang paling efisien untuk menghimpit kemungkinan hama serta penyakit ikan nila. Lantaran apabila hama serta penyakit telah menyerang, biaya penanggulangannya bakal semakin besar.

Ada cara-cara yang dapat dikerjakan untuk menghindar serangan hama serta penyakit ikan nila, salah satunya :
  • Pemrosesan basic kolam, yakni pengeringan, pengapuran serta pemupukan. Pengeringan dikerjakan dengan menjemur basic kolam setiap saat akan mengawali budidaya. Cahaya matahari dapat membunuh beberapa besar hama serta penyakit yang mungkin saja ada pada periode budidaya pada awal mulanya. Pengapuran basic kolam juga menolong mematikan beberapa penyakit. Untuk lebih detailnya silakan baca persiapan kolam untuk budidaya ikan.

  • Menempatkan filter atau saringan pada pintu pemasukan air untuk menghindar beberapa hama serta vektor pembawa penyakit masuk ke kolam.

  • Kerjakan dengan cara teratur pemberantasan hama dengan cara mekanis (di ambil atau dibunuh) serta pemberantasan hama dengan cara biologis (menjaga predator alami hama). Jika hama terus membandel dapat diperhitungkan memakai obat-obatan kimia.

  • Pakai bibit ikan nila unggul yang tahan pada penyakit. Bibit baiknya diperoleh dari sumber terpercaya, seperti litbang-litbang perikanan.

  • Kurangi kepadatan ikan agar tak berlangsung kontak antar ikan dengan cara segera. Dengan jarangnya populasi, kandungan oksigen terlarut di air kolam bakal semakin banyak.

  • Berikanlah pakan dengan ukuran yang pas untuk hindari terjadinya penumpukan bekas pakan dalam kolam. Bekas pakan bakal membusuk hingga turunkan kwalitas lingkungan kolam serta jadi tempat berkembangbiaknya bibit penyakit.

  • Kerjakan perlakuan ikan dengan cara hati-hati ketika penebaran atau perpindahan antar kolam, agar ikan tak terluka yang menyebabkan infeksi penyakit.
Mewaspadai Penyakit pada Ikan Nila
Jika langkah pencegahan telah dikerjakan serta hama penyakit terus nampak, baru kerjakan pemberantasan hama serta penyembuhan penyakit dengan memakai obat-obatan kimia. Yang butuh diingat, pemberian bahan kimia bakal menghadirkan dampak samping lain.

Penyembuhan penyakit dapat dikerjakan dengan memberi bahan kimia pada kolam, merendam ikan yang sakit, mencampurkan obat dengan pakan, atau memberi obat dengan cara segera pada badan ikan.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment