Cara Praktis Budidaya Sidat ~ Agro Budidaya

Cara Praktis Budidaya Sidat



Cara Praktis Budidaya Sidat

Cara Praktis Budidaya Sidat | Agro Budidaya - Sekarang ini budidaya ikan sidat jadi salah satu type usaha yang sangatlah menjanjikan serta mempunyai omset yang tinggi. Terlebih keinginan bakal ikan sidat sangat tinggi, misalnya saja di negara Jepang ikan sidat telah jadi hidangan paling utama makanan mereka.

Di jepang sendiri ikan sidat umum dimaksud unagi serta udanon. Hidangan ini berbentuk sidat bakar yang di sajikan diatas nasi. Tetapi di Jepang ikan sidat telah jadi ikan yang langka, di negaranya cuma dapat di produksi seputar 30 % serta bekasnya 70 % hasil dari impor dari negara negara lain termasuk juga dari di Indonesia. Keinginan ikan sidat didalam negeri sesungguhnya cukup tinggi, cuma saja jumlah petani sidat di Indonesia masih tetap sangatlah rendah. Oleh karenanya harga ikan sidat Indonesia menjulang tinggi.

Dalam budidaya sidat ada tiga bagian yang butuh anda cermati, yakni bagian pendederan 1, pendederan 2 serta step pembesaran. Kami mengklasifikasikan berdasar pada bagian itu lantaran untuk mempermudah kita dalam mempercepat laju perkembangan ikan sidat. Hingga saat ini belum ada suatu rekayasa tehnologi pembenihan ikan sidat, hingga untuk keperluan benih ikan sidat kita mesti memercayakan hasil penangkapan dari alam. Bentuk dari benih ikan sidat tersebut telah mirip ikan sidat dewasa, cuma saja ukurannya masih tetap kecil serta berwarna transparan atau dimaksud glass eel.

Cara Praktis Budidaya Sidat
pemberian pakan sidat

1. Step Pendederan 1

Pada step ini umum dimaksud dengan step inginalan untuk benih ikan sidat agar dapat menyesuaikan dengan keadaan alam buatan (kolam) serta dapat konsumsi pakan yang homogen atau pakan buatan. Pemeliharaan pada bagian ini mempunyai maksud untuk pembesaran glass eel hingga benih ikan sidat mempunyai ukuran elver. Sesudah melalui step pendederan 1 jadi elver siap dilanjutkan ke bagian pendederan 2.

Glass eel yang umumnya dipelihara mempunyai 2 type yakni A. bicolor serta A. marmorata. Glass ell yang berjenis A. bicolor diperoleh dari pantai selatan Pulau Jawa, sedang untuk A. marmorata didapat dari daerah Poso Sulteng serta Tatelu. Ukuran benih ikan sidat glass eel yang ditebar mempunyai ukuran 0, 17 gr per ekor dengan jumlah kepadatan untuk semasing tempat pemeliharaan seputar 6 ekor per 1 liter air.

Sistem penebaran glass eel dikerjakan secepat-cepatnya sesudah glass eel telah di terima di tempat pemeliharaan. hal semacam ini untuk kurangi tingkat stress pada benih ikan sidat sebelumnya setelah ada dalam transportasi perpindahan benih ikan sidat. Saat sebelum dikerjakan penebaran ikan baiknya glass eel dikerjakan aklimatisasi dahulu, langkahnya yakni meletakkan plastik packing supaya mengapung di atas air di tempat media pemeliharaan.

2. Step Pendederan 2
Berbentuk bagian persiapan supaya membuahkan ukuran sidat fingerling (10 gr/ekor) serta lalu siap untuk di memelihara pada sistem bagian pembesaran.
Cara Praktis Budidaya Sidat

3. Step Pembesaran
Pada bagian ini yang dikerjakan yaitu sistem pembesaran ikan sidat. Sistem ini mempunyai maksud untuk membesarkan ikan sidat hingga pada ukuran yang siap mengkonsumsi yakni ukurannya kian lebih 200 gr per ekor.

Untuk tempat pemeliharaannya dapat memakai kolam beton yang mempunyai ukuran 2 x 5 x 1, 8 m³ dengan jumlah air media seputar 5 m³. Kolam pemeliharaannya baiknya dilengkapi dengan system aerasi dengan air yang mengalir. Air media yang dipakai dapat datang dari tandon air sumur yang lalu dialirkan ke paralon yang menuju ke kolam pemeliharaan. Disarankan untuk volume perubahan airnya minimum kian lebih 300% setiap hari. Agar suhu airnya terus terbangun pada kisaran 29-31 °C, baiknya kolam pemeliharaan ditutup dengan terpal atau dapat memakai penutup anyaman bambu.

Saat yang diperlukan dalam budidaya ikan sidat hingga siap untuk mengkonsumsi seputar lebih kurang 5 bln., bergantung ukuran benih yang kita tabur. Umpamanya ukuran benih 200 gr, untuk dapat membuahkan panen ikan sidat memiliki ukuran 500 gr membutuhkan saat seputar 5 bln.. Juga sebagai deskripsi bila anda menaburkan 1 ton benih anda dapat membuahkan panen seputar 5 ton ikan sidat.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment