Cara Budidaya Durian ~ Agro Budidaya

Cara Budidaya Durian



budidaya durian
tanaman durian

Durian yaitu raja dari semua buah (King of Fruit). Hampir seluruh orang mengetahui buah ini serta sempat mencicipinya. Biasanya orang menyukainya, biarpun relatif mahal. Harga durian berkwalitas dapat meraih Rp. 30. 000, -/kg, namun bila telah mengawali mengonsumsi buah ini susah untuk menghentikannya sebelum saat betul-betul senang.

Durian di kenal juga untuk buah yang kontroversial. Walau banyak yang sukai, tetapi beberapa yang lain muak serta pusing dengan aromanya. Lantaran baunya yang keras, beberapa perusahaan juga melarang orang membawa durian. Umpamanya di kabin pesawat hawa, di kendaraan umum maupun dibawa ke kamar hotel.

Durian adalah tanaman buah berbentuk pohon. Tumbuhnya semakin banyak di daerah-daerah tropis. Sebutan durian disangka datang dari arti Melayu yakni dari kata duri yang di beri akhiran-an hingga jadi durian. Kata ini terlebih dipergunakan untuk menyebutkan buah yang kulitnya berduri tajam.

Tanaman durian datang dari rimba Malaysia, Sumatra, serta Kalimantan yang berbentuk tanaman liar. Penyebaran durian ke arah Barat yaitu ke Thailand, Birma, India serta Pakistan. Buah durian telah di kenal di Asia Tenggara dari era 7 M. Nama lain durian yaitu duren (Jawa, Gayo), duriang (Manado), dulian (Toraja), rulen (Seram Timur). Pusat keanekaragaman durian yaitu Pulau Kalimantan. Daerah-daerah sekitarnya juga memilki sebagian plasma nutfah durian, seperti Mindanao, Sumatera, serta Semenanjung Malaya walau tak semelimpah Kalimantan. Walau demikianlah, pengekspor utama durian yaitu Thailand, yang dapat meningkatkan kultivar dengan mutu tinggi serta system budidaya yang baik. Area lain yang membudidayakan durian dengan tujuan ekspor yaitu Mindanao di Filipina, Queensland di Australia, Kamboja, Laos, Vietnam, India, serta Sri Lanka.

Tanaman durian terhitung famili Bombaceae sebangsa pohon kapuk-kapukan. Yang umum dimaksud durian yaitu tumbuhan dari marga (genus) Durio, Nesia, Lahia, Boschia serta Coelostegia. Ada beberapa puluh durian yang diakui keunggulannya serta disebarluaskan pada penduduk untuk di kembangkan. Varietas itu yaitu : durian sukun (Jawa Tengah), petruk (Jawa Tengah), sitokong (Betawi), simas (Bogor), sunan (Jepara), otong (Thailand), kani (Thailand), sidodol (Kalimantan Selatan), sijapang (Betawi) serta sihijau (Kalimantan Selatan).
Faedah durian tak hanya untuk makanan buah fresh, ada faedah yang lain, yakni :

Tanamannya untuk pencegah erosi di lahan-lahan yang miring.
Batangnya untuk bahan bangunan/perkakas rumah tangga. Kayu durian setaraf dengan kayu sengon karena kayunya condong lurus.
Bijinya yang mempunyai kandungan pati cukup tinggi, punya potensi untuk alternatif pengganti makanan ( bisa di buat bubur yang digabung daging buahnya).
Kulit digunakan untuk bahan abu gosok yang bagus, dengan. cara dijemur hingga kering serta dibakar hingga hancur.


Agar bisa tumbuh dengan baik serta membuahkan panen optimal, durian membutuhkan sebagian syarat tumbuh. Syarat tumbuh itu diantaranya iklim, media tanam serta ketinggian area.

Iklim

Curah hujan untuk tanaman durian maksimum 3000-3500 mm/ th. serta sekurang-kurangnya 1500-3000 mm/ th.. Curah hujan rata selama th. dengan kemarau 1-2 bln. sebelum saat berbunga tambah baik dari pada hujan terus-terusan.
Intensitas sinar matahari yang diperlukan durian yaitu 60-80%. Pada saat tetap kecil (baru ditanam di kebun), tanaman durian tak tahan terik cahaya matahari di musim kemarau, hingga bibit mesti dilindungi/dinaungi.
Tanaman durian pas tumbuh pada suhu rata-rata 20-30 0 C, suhu 15 0 C durian bisa tumbuh namun perkembangan tak maksimal. Jika suhu meraih 35 0 C daun durian bakal terbakar.


Media Tanam

Tanaman durian menginginkan tanah yang subur (tanah yang kaya bahan organik). Partikel pengaturan tanah seimbang pada pasir simak serta debu hingga gampang membuat remah.
Tanah yang pas untuk durian yaitu type tanah grumosol serta andosol. Tanah yang mempunyai tanda-tanda warna hitam keabu-abuan kelam, susunan tanah susunan atas berbutir-butir, sedang sisi bawah bergumpal serta memiliki kekuatan yang tinggi untuk mengikat air.
Derajat keasaman tanah yang dikehendaki tanaman durian yaitu (pH) 5-7, dengan pH optimum 6-6, 5.
Tanaman durian terhitung tanaman tahunan dengan perakaran dalam hingga memerlukan kandungan air tanah dengan kedalam cukup yakni 50-150 cm serta 150-200 cm. Bila kedalaman air tanah terlampau dangkal/ terlampau dalaman, rasa buah tak manis atau tanaman bakal kekeringan serta atau akarnya busuk disebabkan senantiasa tergenang.


Ketinggian Tempat

Ketinggian area untuk bertanam durian tak bisa kian lebih 800 m dpl. Namun ada juga tanaman durian yang pas ditanam di beragam ketinggian. Tanah yang berbukit/ yang kemiringannya kurang dari 15 kurang praktis dari pada tempat yang datar rata.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment