Budidaya Pisang Kepok ~ Agro Budidaya

Budidaya Pisang Kepok



Pisang bisa jadi adalah type buah yang paling umum didapati tidak cuma di perkotaan namun hingga ke pelosok desa. Ada bermacam type buah pisang satu diantaranya yaitu pisang kapok. Type yang satu ini mempunyai tanda-tanda wujud buah yang condong pipih serta tak bulat memanjang seperti varian pisang yang lain.

Maka itu, ia dimaksud juga dengan nama pisang gepeng. Si kapok ini terhitung ke dalam type pisang yang lebih enak dikonsumsi sesudah di proses. Ia terbagi dalam dua type yaitu pisang kapok kuning serta pisang kapok putih. Pisang dengan daging berwarna kuning umumnya tambah lebih mahal lantaran terasa memanglah lebih enak bila dibanding dengan pisang kepok daging putih.

Pada intinya pisang kepok ini dapat tumbuh dimana saja, tetapi untuk mutu buah yang baik, umumnya ada kriteria tempat tanam yang perlu dipenuhi. Budidaya pisang kepok banyak dilirik beberapa petani karena keinginan pada type pisang yang satu ini senantiasa stabil. Tertarik coba?

Dengan cara prinsipil, budidaya pisang kepok sama juga dengan type pisang yang lain. Ia dapat tumbuh di tempat yang kering sekalipun karena ia memperoleh supply air dri cadangan yang ada di batangnya. Cuma saja, dalam keadaan itu, produksi buah pasti tak dapat diinginkan. Iklim tropis yang condong basah juga lembab yaitu keadaan yang terbaik untuk perkembangan pisang. Sesaat itu, keadaan angin juga butuh di perhatikan. Tanaman pisang kepok baiknya tak ditanam di lokasi yang kerap terkena angin kumbang karena dapat mengakibatkan kerusakan sisi daunnya dan memengaruhi perubahan juga pertumbuhannya. Cermati juga curah hujan. Angka paling maksimal yaitu 1. 520 hingga 3. 800 mm per tahunnya dengan prasyarat 2 bln. kering. Cermati juga variasi curah hujan yang perlu seimbang dengan ketinggian medium tanam karena bila tak lagi gampang tergenang serta mengakibatkan kerusakan mutu batang pisang.

Sama sesuai tanaman yang lain, pisang kepok akan tumbuh subur di medim tanah yang gembur serta kaya bakal humus. Tambah lebih baik lagi bila tanah itu memiliki kandungan kapur atau berbentuk tanah berat. Pohon pisang terhitung tanaman yang “rakus” hingga sebaiknya bila ditanam pada tanah kaya humus yang dengan cara teratur diperbarui dengan pupuk. Air pada medium tanam juga mesti ada tetapi cermati supaya tak menggenang. Ketinggian tanah di area basah pada 50 hingga 200 cm, sesaat itu di lokasi 1/2 basah yaitu 100 hingga 200 cm. Bila ditanam di lokasi condong kering, ketinggiannya baiknya 50 hingga 150 cm.

Janganlah menanam pisang kepok di tanah yang sempat alami erosi karena hasil panen bakal tergangggu. Yakinkan juga supaya tanah itu mempunyai resapan air yang tinggi karena pisang sulit hidup pada tanah dengan kandungan garam seputar 0, 07%. Seperti dijelaskan pada mulanya, pisang dapat tumbuh di lokasi yang kering dengan ketinggian 1000 m dpl hingga 2000 mdpl.

Budidaya : Pembibitan, Pemeliharaan, Pemanenan

Pisang diperbanyak lewat cara vegetatif yaitu dengan memakai anakan berbentuk tunas-tunas muda. Anakan yang baik mempunyai ketinggian pada 1 mtr. sampai 1, 5 mtr.. Adapun lebar umbi seputar 15 hingga 20 cm. Baiknya anakan di ambil dari pohon induk yang mutunya baik, produktif serta buahnya unggulan. Yakinkan juga Anda mencermati tinggi indukan karena bakal memengaruhi produksi pisang seperti jumlah sisir per tandannya. Bibit pisang ini dibagi ke dalam dua type yaitu anakan muda serta anakan dewasa. Tambah lebih baik bila memakai type yang ke-2 karena telah mempunyai akan bungan serta cadangan makanan dalam bonggolnya telah banyak. Tentukan bibit yang daunnya tetap mengumpul sama tombak lantaran jauh tambah baik bila dibanding dengan bibit yang daunnya sudah melebar.

Pembukaan tempat mesti terus mempertimbangkan aspek iklim, letak pasar atau industri, kemananan sosial serta juga prasarana ekonomi. Untuk buka tempat tanam dalam budidaya pisang kepok, langkah pertama diawali dengan pembasmian gulma, semak-semak, rumput serta juga lakukan sistem penggemburan pada tanah, pembuatan sengkedan serta juga saluran pengeluaran air nantinya.

Tanap butuh dibuatkan sengkedan atau teras dengan lebar yang tergantung pada kemiringan medim tanam. Adapun lambung sengkedan baiknya didanggah dengan memakai rerumputan atau bebatuan bila ada. Tambah lebih baik lagi bila ditanamai tumbuhan legume seperti lamtoro pada batas sengkedan supaya tak erosi. Legume juga memasuk unsur hara N serta dapat menahan angin yang dapat mengakibatkan kerusakan tanaman pisang. Sesaat itu saluran pembuangan air di buat pada tempat dengan kemiringan kecil dan pada tanah yang datar Pada permukaan landasan juga segi luar baiknya ditanami rerumputan supaya terlepas erosi.

Bibit pisang baiknya ditanam dengan jarak masing-masing bibit agak lebar supaya di 3 bln. pertama dapat dipakaikan pola tanam lorong atau tumpang sari pada pisang. Tanaman tumpang sari dapat berbentuk sayur mayor. Umumnya kebun pisang di Asia dengan tingkat hujan yang tinggi, umumnya ditanam berbarengan dengan kopi, kelapa, kakao dan sebagainya. Ini pastinya berikan keuntungan ganda untuk petani.

Lubang tanam pada tempat di buat dengan ukuran 50 x 50 x 50 cm bila medium tanamnya berat, serta 30 x 30 x30 cm bila medium tanamnya cukup gembur. Jarak tanam baiknya 3 x 3 m bila tanah kondisinya tengah serta 3, 3 x 3, 3 m bila tanah kondisinya berat. Sistem penanaman dikerjakan pada awal musim hujan yang umumnya jatuh pada bln. September menuju oktober. Sebelum saat ditanami, pada lubang tanam baiknya di beri pupuk organik umpamanya kompos serta kandang masing-masing 15- 20 kg. Langkah ini nantinya bakal punya pengaruh pada mutu buah pisang kepok yang dipanen.

Utama untuk lakukan sistem penjarangan supaya hasil optimal. Satu rumpun semestinya cuma terbagi dalam 2 sampai 4 batang saja. Bila lebih maka baiknya dikerjakan penjarangan. Sesaat itu, sistem penyiangan rumput ataupun gulma haris dikerjakan dengan cara tertaur terlebih pada area yang dekat dengan batang pohon pisang. Langkah penyiangan ini baiknya dikerjakan dengan langkah penggemburan supaya akar serta tunas semakin banyak.

Sistem pemeliharaan setelah itu yaitu perempalan di mana daun-daun yang telah kering butuh untuk disingkirkan. Hal semacam ini mesti teratur dikerjakan. Sesaat itu langkah pemupukan dikerjakan sejumlah 2 x dalam satu tahun. Pisang membutuhkan kalium dalam jumlah yang cukup besar. Serta dalam 1 hektar pohon pisang perlu kurang lebih 207 kg pupuk urea, 608 kg KCI, 138 kg super fosfat serta 200 kg batu kapur. Pemupikan pertama dikerjakan sesudah 6 bln. dari jarak tanamnya.

Sistem pengairan juga penyiraman juga mesti dijaga. Langkah ini dikerjakan dengan mengairi saluran air yang sudah di buat serta terdapat diantara bebarisan tanaman pisang itu sendiri. Tahap selanjutnya yaitu berikan musa atau daun kering ataupun yang basah. Musa ini bertindak untuk mereduksi air yang menguap serta menghimpit perkembangan gulma. Tetapi janganlah dikerjakan dengan cara terus-terusan karena dapat bikin tanaman pisang berakar dangkal.
Setelah itu, bila pohon pisang sudah berbuah, maka jantung pisang yang sudah berjarak 25 cm dari sisir buah yang terakhir harus dipoting karena bila tak, kehadiran jantung itu bakal bikin perubahan buah terhalang. Bila sisir buah pisang sudah berkembang dengan cara prima, seluruhnya tandan pisang baiknya dibungkus memakai plastik bening. Baiknya pakai type polietilen dengan tidak tipis 0, 5 mm serta janganlah lupa beri lubang dengan diameter seputar 1, 25 cm. jarak pada masing-masing lubang seputar 7, 5 cm.

Terdapat beberapa hama yang butuh diwaspadai salam usaha budidaya pisang kepok diantaranya ulat daun atau erienota thrax. Ia menyerang daun serta membuatnya menggulung serta sobek. Ulat ini dapat ditanggulangi dengan insektisida malathion. Hama yang lain yaitu uret kumbang. Ia menyerang kelopak daun juga batang dengan membuat lorong-lorong. Pemecahannya, perbaiki sanotasi pada rumpun pisang serta bersihkan dari bekas batang pisang yang busuk. Hama yang lain yaitu nematode danulat bunga. Keduanya dapat pula diatasi dengan insektisida.

Sesaat itu, penyakit yang kerap menyerang pisang yaitu penyakit darah, panama, bintik daun, daun pucuk, layu oleh bakteri bacillus serta ada banyak lagi yang lain.

Pemanenan


Sistem paling akhir dalam budidaya pisang kepok sebelum saat di pasarkan pastinya pemanenan. Usia satu tahun, pisang telah berbuah serta pemanenan umumnya ditetapkan oleh usia buah serta juga wujud buah. Daun bendera yang sudah kering yaitu ciri utama pemanenan dapat diawali. Buah yang telah cukup masak berusia pada 80 hingga 100 hari. Lokasi jual buah juga mesti di perhatikan supaya buah tak busuk sebelum saat hingga di customer. Baiknya, buah pisang disimpan minimum 10 hari sebelum saat tiba di customer.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment