Pengobatan Penyakit Lele dengan Bahan Alami ~ Agro Budidaya

Pengobatan Penyakit Lele dengan Bahan Alami




Pengobatan Penyakit Lele dengan Bahan Alami

Pengobatan Penyakit Lele dengan Bahan Alami | Agro Budidaya - Banyak Peternak lele yang mengetahui cara menanggulangi penyakit lele dengan cara alami, tetapi bagi pemula seperti saya, baru kali ini saya mendapatkan artikel dan mulai menerapkannya pada kolam saya, agar tidak sia sia ini artikel saya ini saya share ke pembaca :

1. Radang usus.
Penyakit lele ini umumnya tunjukkan tanda-tanda lele bakal tampak berdiri tegak serta sisi kumisnya menyembul di permukaan air, sebagian pembudidaya menyebutnya seperti tiang listrik, bila ikan lele rekan-rekan pembudidaya alami penyakit lele seperti ini, penanggulangannya dapat lewat cara memakai buah mengkudu yang telah masak/mateng, langkahnya gampang, ambillah buah mengkudu yang telah masak lantas masukkan pada kolam lele yang sakit, untuk ukurannya sesuai saja dengan besaran kolam, umpamanya untuk kolam ukuran 2×4 m cukup hanya 1 atau 2 buah mengkudu.

2. Radang Insang

Penyakit lele seperti ini umumnya tunjukkan ciri insang lele yang memerah. Penanggulangan penyakit lele seperti ini dapat lewat cara menggunakkan daun sirih serta daun pepaya. Langkahnya, ambillah 10 lembar daun sirih serta 10 lembar daun pepaya fresh, lantas rebus dengan 1 liter air (1gayung) biarlah mendidih hingga air sat/susut jadi tinggal 1 gelas. Kemudian larutkan hasil rebusan air yang 1 gelas tadi dengan 10 gelas air bersih, hasil kombinasi inilah yang dapat dipakai, tebarkan larutan ini seperlunya pada permukaan air kolam yang terserang penyakit, dosis mesti sesuai dengan luas kolam.

3. Asam lambung
Lele yang terserang penyakit ini umumnya bakal tampak kembung lantaran diisi gas/angin serta cairan, untuk penyakit ini penanggulangannya dapat lewat cara seperti penanggulangan pada penyakit radang insang.

4. Penyakit jamur/radang kulitUmumnya pada kulit lele bakal tampak bercak-bercak putih, atau bila yang telah kronis kulitnya seperti mengelupas, untuk penyakit lele type ini, penanggulangannya dapat dengan ramuan seperti pada penanggulangan pada penyakit radang insang (no. 2) cuma saja supaya manfaat ramuan lebih efisien, baiknya ikan lele yang sakit di rendam dalam baskom yang sudah berisi ramuan itu. bila jumlah ikan lele yang sakit banyak, penanggulangan penyakit lele dapat lewat cara seperti dibawah ini :
  • Menguras air kolam 50%
  • Siapkan baskom/wadah yang dapat menyimpan jumlah ikan yang bakal diobati, isi dengan ramuan daun pepaya serta daun sirih (yang sudah digabung dengan air bersih 10 : 1)
  • Masukan ikan lele kedalam baskom/wadah, waktunya sesuai saja, janganlah terlampau lama, bila ikan lele tampak telah megap-megap, bermakna telah cukup.
  • Kembalikan ikan lele ke kolam, imbuhkan air kolam seperti volume awal, baiknya pakai air yang berkwalitas baik (Telah dikompos atau air yang telah lewat sistem persiapan untuk air kolam).
  • Untuk menolong sistem pengobatan, bisa menyebar cairan ramuan itu ke kolam (langkah no. 2), ditambah dengan memasukan buah mengkudu yang telah masak/mateng (langkah no. 1)
Demikian sedikit pengetahuan yang saya dapatkan dari beberapa sumber, semoga bermanfaat.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment