Kandang Budidaya Ayam Petelur ~ Agro Budidaya

Kandang Budidaya Ayam Petelur




Kandang Budidaya Ayam Petelur | Agro Budidaya -Kandang adalah prasyarat utama yang perlu ingin serta dapat dipenuhi oleh petani peternak budidaya ayam petelur. Dengan terdapatnya kandang sebagian hambatan sebagai kendala petani bakal teratasi, umpamanya mempermudah dalam pengawasan kesehatan ayam petelur, kandungan gizi pakan yang didapatkan bisa sesuai sama tehnologi saran untuk ayam petelur, ada jaminan keamanan ayam petelur dari bahaya hilangnya ayam petelur serta produksi telur disebabkan pencurian. Nilai lebih lain yang diperoleh dari terdapatnya kandang, petani peternak ayam petelur bakal nikmati hasil limbah kotoran ayam untuk pupuk kandang.

Budidaya ayam petelur bisa dikandangkan dalam wujud kandang umbaran kandang litter, kandang panggung serta kandang baterai..

1. Kandang Umbaran
adalah type kandang yang disarankan untuk dapat dibudayakan oleh petani peternak ayam di perdesaan. Kandang ayam berperan untuk tempat berlindung dari panas serta hujan, di sekitar kandang ada halaman untuk tempat ayam bermain yang didapatkan pagar keliling. Umum di kenal dengan nama kandang umbaran.

2. Kandang litter

Adalah type kandang ayam yang berperan untuk tempat hidup ayam sepanjang 24 jam ada di dalam kandang. Lantai basic kandang terbuat dari tanah padat yang kering, dengan cara tehnologi disarankan lantai basic kandang dari lantai semen serta diberikan litter yang berbentuk taburan sekam padi, serbuk gergaji, kulit kacang serta tongkol jagung. Litter mesti kerap di balik serta mesti senantiasa dalam situasi kering. Limbah litter yang telah tak terpakai bisa dipakai untuk bahan kombinasi pembuatan pupuk kandang

3. Kandang panggung

Type kandang ini di kenal dengan nama lain kandang Slat yakni kandang yang menggantung di atas tanah dengan lantai kandang terbuat dari bambu atau kawat. Bambu sebagai alas kandang di buat renggang dengan diperhitungkan supaya kaki ayam tak terjerumus. Kandang panggung bisa dipakai untuk budidaya ayam pedaging serta ayam petelur sepanjang 24 jam. Kandang panggung bisa berisi kemampuan ayam yang banyak. Yang tentunya kandang benar-benar pas dipakai untuk tempat tempat yang sempit. Keuntungan kandang panggung untuk budidaya ayam petelur produksi telur yang dihasilkan bersih. Kekurangan kandang panggung memerlukan cost yang tinggi untuk pembuatan lantai kandang

4. Kandang batterai

Type kandang baterai benar-benar pas untuk dipakai budidaya ayam petelur di tempat yang sempit. Kandang baterai bisa disusun jadi 2 - 3 tingkatan kandang yang menjajar panjang di atas tanah. Bahan kandang baterai bisa di buat dari bambu atau besi. Kandang batterai dari bambu biayanya lebih murah, sedang kandang batterai dari besi daya kekuatannya lebih lama. Kandang batterai wujud kotak kotak di isi 1 - 2 ekor ayam petelur.. Ukuran kandang batterai disarankan tinggi depan 40 cm, tinggi belakang 35 cm, lebar 20 cm, panjang penadah telur 20 cm, panjang atas 40 cm.

Perlengkapan kandang

Peralatan kandang mesti dilengkapi untuk keperluan tempat pakan, minum serta sarang bertelur. Kandang batterai tempat pakan, minum serta tempat menyimpan telur umumnya diletakkan ada di bagian depan kandang. Peralatan ada sepanjang 24 jam. Kepada kandang liiter serta kandang panggung tempat peralatan pakan serta minum diletakkan kepada lantai basic kandang. Kepada kandang umbaran tempat pakan serta minum umumnya di letakkan kepada halaman tempat ayam bermain. Bahan peralatan tempat pakan bisa di buat dari bambu serta plastik. Tempat minum terbuat dari plastik atau ember sisa. yang utama tak bocor serta tak berkarat.

Tempat bertelur disarankan untuk disiapkan supaya kulit telur tak kotor, pembuatan tempat bertelur bisa berbentuk sarang telur yang terbuat dari bambu sebagaimna biasanya dipakai diperdesaan atau bisa pula dibuatkan dalam wujud kotak. Ukuran kotak bertelur 30 x 35 x 45 cm cukup untuk 4-5 ekor ayam. Kotak telur ditempatkan kepada dinding kandang sisi dalam. Basic tempat bertelur di buat miring dari kawat sampai telur segera ke luar sarang sesudah bertelur, dibuatkan lubang yg semakin besar dari besarnya telur. Saluran telur adalah tempat jalannya telur ke tempat penampungan telur yang ada di luar kandang melekat di bagian luar dinding kandang. Dengan jenis penampungan telur nerada di luar kandang bakal mempermudah dalam pengambilan telur serta telur aman tak diinjak injak ayam. Tak hanya tempat telur yang juga mesti disiapkan yaitu tempat bertengger ayam untuk tempat istirahat/tidur.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment