Menanam Jahe Merah dalam Karung ~ Agro Budidaya

Menanam Jahe Merah dalam Karung



Menanam Jahe Merah dalam Karung

Menanam Jahe Merah dalam Karung | Agro Budidaya -Bila Anda pernah minum sekoteng, bandrek, atau wedang, jadi Anda pasti telah tak asing lagi dengan jahe, terlebih jahe merah. Tak dapat disangkal lagi bila jahe merah adalah salah satu tanaman herbal yang memiliki faedah serta daya jual yang cukup berikan keuntungan. Tengok saja ada berapakah banyak product herbal baik obat ataupun minuman yang memakai jahe juga sebagai bahan pokoknya. Ini bermakna terkecuali di jual dengan cara tradisional juga sebagai bumbu masakan di pasar, jahe merah dapat juga di proses juga sebagai product lain yang mempunyai daya jual yang tinggi juga. Bermakna dari budidaya jahe merah ini Anda dapat gunakan juga sebagai usaha yang cukup mungkin. Langkah budidaya jahe merah juga relatif gampang serta dapat ditanam baik di polybag atau karung goni. Itu berarti Anda tak perlu memikirkan panjang lagi untuk mengawalinya, pakai tempat pekarangan rumah Anda juga sebagai tempat penempatan media tanamnya. Tersebut disini tips dengan cara komplitnya : 

Pembibitan 

Dalam penanaman jahe merah baiknya diawali dari sistem penyemaian dulu saat sebelum tanam bibit ditanam di media tanam pembesaran. Pertama-tama siapkan rimpang yang bakal di buat jadi bibit, tentukan yang memiliki ukuran besar, mulus, tanpa ada cacat fisik atau diserang hama penyakit. Bersihkan rimpang serta dijemur hingga air menguap prima. Setelah itu taruh rimpang bibit sepanjang 1-1. 5 bln. lantas potong rimpang jadi bagian-bagian yang masih tetap memiliki 3-5 mata tunas. Setelah itu jemur sepanjang satu hari, lantas masukkan bibit dalam karung goni serta rendam di air sepanjang 6 jam, lalu tiriskan hingga kering. Kemudian semaikan bibit pada media tanam dari kombinasi tanah serta pupuk kandang/kompos dengan perbandingan 3 : 1. Tanam bibit dalam media lalu timbun dengan tanah tipis-tipis. Kerjakan penyiraman sejumlah 2 kali satu hari sepanjang 2-4 minggu, setelah itu jahe dapat ditanam. 

Menanam Jahe Merah dalam Karung

Penanaman 

Pertama-tama buat media tanam dari kombinasi tanah serta pupuk kandang/kompos dengan perbandingan 3 : 1. Kemudian masukkan media tanam itu ke karung goni dengan ketinggian 15 cm (1/5 tinggi karung). Ambillah serta pisahkan rimpang jahe merah hasil persemaian jadi 2-3 ruas dengan minimum ada 2 mata tunas per bibitnya. Tanam bibit sedalam 3-5 cm dalam karung goni. Isi karung sejumlah 2-3 tanaman atau 200 gr bibit/karung goni. 

Perawatan 

Kerjakan penyiraman dengan teratur saat pagi serta sore hari sepanjang tanaman masih tetap berumur satu minggu. Penyiraman lanutan dapat dikerjakan tiap-tiap satu hari sekali serta waktu umur tanam 2-4 minggu kerjakan penyiangan. Setelah itu sesudah masuk umur 2-3 bln. jadi tinggikan guludan dengan tanah seputar sembari diberikan pupuk kompos/pupuk kandang (3 : 1) dengan tinggi seputar 10 cm. Penyiangan serta peninggian guludan dikerjakan dengan cara berkala hingga umur 8-10 bln.. 

Pemanenan 

Pemanenan telah dapat dikerjakan pada usia 10-12 bln.. Tanda-tanda jahe merah siap panen yaitu warna daun menguning, batang mulai jadi kering. Bongkar tanah hati-hati jangan sempat rimpang jahe terluka. Bersihkan tanah & kotoran dengan air bersih lalu tiriskan serta jemur sepanjang 1 minggu agar jahe dapat awet. Setelah itu taruh ditempat terbuka serta kering. Rata-rata dalam satu hektar tempat bis dipanen seputar 10-25 ton jahe.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment