Cara Mudah Membedakan Lele Jantan dan Betina Matang Gonad ~ Agro Budidaya

Cara Mudah Membedakan Lele Jantan dan Betina Matang Gonad




Cara Mudah Membedakan Lele jantan dan Betina Matang Gonad | Agro Budidaya - Ikan lele adalah salah satu type ikan yang mampu hidup dalam kepadatan tinggi. Ikan ini mempunyai tingkat konversi pakan jadi bobot badan yang baik. Dengan karakter seperti ini, budidaya ikan lele bakal sangatlah untungkan apabila dikerjakan dengan cara intensif.

Akan tetapi untuk budidaya lele sendiri dibagi menjadi 2 yaitu pembenihan dan pembesaran, untuk pembenihan para peternak lele lebih konsentrasi bagaimana cara agar bibit yang dihasilkan berkualitas unggul dan tentunya sudah seharusnya mengerti dasar mencari indukan unggulan.

Berikut ini adalah cara paling mudah membedakan indukan jantan dan betina ikan lele :
Tanda untuk yang betina matang gonad : 
  • Perut yg jadi membesar karna telur, karena ada pula betina yg perutnya besar gara2 banyak lemaknya, paling mudah melihat matang gonad adalah lubang itu membuat bundaran berwarna merah/pinkbila di lubang telah ada telur yg keluar serta berwarna hitam,itu juga tandanya bila matang gonad ( siap kawin).

Tanda untuk  yang jantan matang  gonad :
  • Hal serupa dengan betina cuma yang membedakannya adalah pada pejantan terdapat tonjolan yang berwarna kemerahan/pink, hal ini menandakan sudah matang gonad.
Demikian  cara termudah membedakan pejantan dan betina lele yang matang gonad, Semoga bermanfaat.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment