Budidaya Burung Jalak Bali ~ Agro Budidaya

Budidaya Burung Jalak Bali



Budidaya Burung Jalak Bali

Budidaya Burung Jalak Bali | Agro Budidaya -Negeri ini memanglah mempunyai keanekaragaman satwa yang luar umum banyak. Jalak Bali misalnya, juga sebagai salah satu burung paling cantik dari negeri ini, tak mengherankan jika beberapa orang mau nikmati indah eksotis serta merdu suaranya. Sayangnya, karena perburuan liar yg tidak teratasi, populasi jalak Bali makin mengecil. Untungnya, sebagian orang pada akhirnya berusaha untuk menangkar burung ini, membudidayakannya serta berusaha untuk melestarikannya. Permasalahan nampak saat langkah ternak atau langkah budidaya burung jalak bali termasuk cukuplah susah. Tetapi janganlah cemas, tersebut terdapat banyak tehnik beternak serta langkah ternak burung ini. 

Budidaya Burung Jalak Bali


Kandang yang Dibutuhkan 

Bila anda mau menekuni usaha ini, mengingat harga burung jalak bali sangatlah tinggi di market Indonesia, anda mesti betul-betul telaten serta memiliki komitmen. Butuh keuletan serta ketelatenan yang tinggi supaya penangkaran anda berhasil. Dalam pelihara burung ini, hal paling utama pertama yaitu permasalahan sangkar. Supaya bisa tumbuh dengan baik, burung iniharus mempunyai ruangan gerakan yang cukup besar. Ukuran ideal suatu kandang yaitu seputar 80 x 100 x 80 cm. Jika sangat mungkin, buat kandang dari kawat strimin dengan ukuran yang kecil atau tengah. Beri penutup dari asbes atau eternit dengan sedikit ruang terbuka juga sebagai tempat masuknya sinar matahari. 

Tentu, dalam pemeliharaan, kandang tak dilewatkan kosong saja, namun butuh ditambahkan sebagian aksesori serta detil utama supaya burung dapat tumbuh dengan tambah baik. Beri ranting atau tanaman perdu juga sebagai tempat bertengger burung. Pada ranting atau sisi atas dari kandang ditambahkan kotak kayu dengan penambahan jerami atau sarang burung di dalamnya juga sebagai tempat bertelur. Yakinkan sarang itu kering. Upayakan anda meletakkan kandang pada ruang yang sepi. Burnung type ini tak suka pada tempat yang gaduh. Bila terlampau berisik, burung nanti bakal stress serta malas untuk bertelur. 

Budidaya Burung Jalak Bali

Pilih Indukan yang Tepat 

Saat ini tiba untuk anda untuk pilih type indukan yang pas. Tentukan indukan yang sehat dengan postur badan tanpa ada cacat. Umur minimum dua th.. Saksikan baik keadaan bulu serta badan burung. Yakinkan ia mempunyai warna putih bersih serta cemerlang dengan warna biru fresh di bagian muka. Paruh juga mesti kokoh serta tidak tipis. Ini mengindikasi bahwa type burung itu sehat. Saat sebelum dimasukkan ke satu kandang, induk jantan serta betina bakal tambah baik jika diletakkan pada kandang yang terpisah. Ini untuk penyesuaian serta saat inginalan terlebih dulu. 

Pemberian Pakan 

Anda juga mesti betul-betul memerhatikan dalam permasalahan pemberian pakan. Yakinkan anda pilih pakan yang memiliki kandungan gizi serta memiliki nutrisi tinggi. Menambahkan serangga seperti jangkrik serta ulat butuh dikerjakan juga sebagai penambahan. Untuk hindari telur yang dihasilkan adalah telur infertil, memberi obat fertility dapat dikerjakan. Untuk anakan yang masih tetap kecil, langkah pemberian pakan dikerjakan lewat cara disapih dengan bubur buatan dari voer serta madu serta ditambahkan air panas. Tunggulah hingga dingin saat sebelum berikan anakan makan. Kerjakan tiga kali satu hari sepanjang lebih kurang tiga bln. hingga anakan cukup dapat untuk makan sendiri. 

Utamanya Penjemuran 

Salah satu hal terdalam budidaya burung jalak bali yaitu penjemuran. Kerjakan penjemuran sehari-harinya dari jam 8 hingga jam 10 pagi. Bersihkan burung dengan cara berkala hingga tak ada kotoran atau makanan yang terlanjur membusuk. Kebersihan utama supaya burung terlepas dari virus atau bakteri yang mungkin saja bakal mengganggu keadaan badannya. Ubah atau bersihkan tempat makan serta minum supaya tak membuahkan lumut. Tersebut tadi langkah pelihara serta tehnik budidaya burung jalak bali.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment