Cara menentukan Waktu Ovulasi Lele ~ Agro Budidaya

Cara menentukan Waktu Ovulasi Lele



waktu ovulasi lele

Saya belum banyak pengalaman dalam bagian pemijahan. Tetapi sangatlah mau kuasai bagian ini. Bagaimanapun Pengetahuan tidak bakal berat dibawa-bawa kan hehe. Nah sebagian jika googling dapet artikel menarik perihal langkah menetukan Saat Ovulasi. 

Kunci ke-2 yang perlu betul-betul dikuasai pada pemijahan ikan yaitu pemilihan saat stripping atau saat ovulasi. Stripping yang terlampau atau lambat bisa menyebabkan rendahnya kesuksesan tingkat penetasan telur serta mengakibatkan rusaknya induk bahkan juga kematian. 

Saat ovulasi terwujud pada periode spesifik sesudah penyuntikan (saat laten). Saat laten pada spesies ikan yang tidak sama bisa tidak sama juga bahkan juga pada spesies ikan yang sama, tergantung pada tingkat kematangan akhir gonad, temperatur inkubasi induk, keadaan lingkungan serta keadaan fisiologis ikan yang lain. 

Karenanya, pemilihan saat laten pada selang saat spesifik tidak bisa dengan cara mutlak dipakai, tidak sama dengan selang saat injeksi hormonal pertama serta ke-2 (apabila memakai 2 x injeksi). Dengan cara sederhana, identifikasi saat ovulasi bisa dikerjakan dengan mengurut sisi perut ikan ke arah genital dengan cara perlahan-lahan. 

Apabila telah ada sedikit telur yang keluar dengan cara lancar (bukanlah dipaksa), saat ovulasi telah terwujud hingga pengurutan setelah itu bisa dikerjakan serta dilanjutkan dengan pembuahan. Dengan cara akurat, saat ovulasi bisa ditetapkan berdasar pada posisi inti. Dengan pemberian larutan serra (60% ethanol, 30% formaldehyde, 10% acetic acid glacial), inti telah alami rusaknya dinding germinal (GVBD, germinal vesicle breakdown). 

Previous
Next Post »
Thanks for your comment