Pentingnya Penyortiran Lele pada Budidaya Lele Sangkuriang ~ Agro Budidaya

Pentingnya Penyortiran Lele pada Budidaya Lele Sangkuriang



Pentingnya Penyortiran Lele pada Budidaya Lele Sangkuriang

Pentingnya Penyortiran Lele pada Budidaya Lele Sangkuriang | Agro Budidaya -Penyortiran yaitu hal yang umumnya teratur dikerjakan oleh pembudidaya lele sangkuriang, terlebih beberapa pembudidaya yang tengah membenihkan. Baik untuk kepentingan pemerataan, atau puun untuk kepentingan yang lain. Tetapi umumnya terdapat beberapa kekeliruan yang dikerjakan oleh beberapa pembudidaya, waktu lakukan penyortiran lele sangkuriang baik di kolam galian tanah atau kolam terpal, terutama dalam soal ini pemeliharaan Ikan Lele Sangkuriang.

Beberapa pembudidaya Lele Sangkuriang kerap meremehkan metoda atau langkah dalam lakukan penyortiran. Pembudidaya dengan lincahnya masuk kedalam satu kolam lantas beralih ke kolam yang lain. Bahkan dengan entengnya memindahkan atau menyortir Lele dalam satu kolam dikombinasi ke kolam selanjutnya. Apabila keadaan ikan Lele Sangkuriang yang diperlihara sehat, jadi perpindahan ikan dari satu kolam ke kolam lain atau sistem sortir hampir tak ada permasalahan. Pikirkan bila di satu kolam ada bibit penyakit, lalu menebar ke kolam-kolam yang lain. Diluar itu, aksi yang dikerjakan di atas bakal mengakibatkan Lele Sangkuriang yang dipelihara stress.

Masalah yang perlu dijauhi yaitu apabila Lele yang di sortir alami satu penyakit, contoh : penyakit moncong putih, tubuh kuning serta penyakit tubuh ikan Lele yang totol luka. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri serta jamur. Apabila benih ikan Lele Sangkuriang alami penyakit ini lalu di pindahkan serta dikumpulkan dengan lele yang sehat, jadi sistem perpindahan serta sortir bakal selekasnya meningkatkan terjadinya wabah yang sangatlah merugikan ( baca juga : Pengobatan Lele dengan bahan Alami ). Awalannya hanya satu kolam yang tertular penyakit ini, dalam saat itu juga dapat jadi wabah yang mematikanpada seluruhnya kolam terpal yang ada.

Adapun pemicu aksi perpindahan benih ikan Lele dari satu kolam ke kolam lain atau sortir bakal jadi wabah, yaitu karena banyak hal berikut ini :
  • Lele Sangkuriang bakal alami stress,
  • Bakal berlangsung perkelahian pada benih ikan Lele yang digabung dengan kata lain sortir,
  • Hal semacam ini bakal punya pengaruh pada nafsu makan Lele, hingga nafsu makannya bakal menyusut mengkonsumsi makannya,
Apabila terdapat banyak benih ikan Lele yang alami penyakit, jadi terkecuali sistem perpindahan benih ikan serta sortir bakal mempercepat sistem penenularan penyakit namun juga keadaan benih ikan Lele yang tengah tak fit (sehat), bakal bikin penyakit jadi wabah yang sangatlah merugikan petani ikan.

Cara dan Panduan
  • Baiknya jauhi sistem sortir serta memadukan ikan dari satu kolam ke kolam yang lain ;
  • Siapkan satu atau dua kolam kecil untuk penyortiran. Dapat untuk tempat sesaat benih ikan Lele yang ingin di jual, atau tempat perlakuan benih ikan Lele yang tengah alami penyakit.
  • Perlakuan kolam benih ikan Lele yang tengah sakit dengan kata lain punya masalah mesti terpisah, supaya kita hindari kontamiasi ke kolam yang lain.
  • Jikalau ingin lakukan sortir benih ikan Lele baiknya dikerjakan pada sore atau malam hari. Hal semacam ini cuma untuk kurangi stress pada benih ikan Lele.
  • Bisa pula mencampurkan endrop (cairan stress pada ayam) pada pakan benih ikan Lele. Berikanlah pakan kombinasi itu enam jam saat sebelum benih ikan Lele di sortir. Juga berikanlah pakan kombinasi yang sama saat pagi besok harinya.

Demikian artikel singkat mengenai Pentingnya Penyortiran Lele pada Budidaya Lele Sangkuriang, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment