Budidaya Cabe ~ Agro Budidaya

Budidaya Cabe




Budidaya Cabe dimulai dengan penentuan benih. Penentuan benih adalah langkah awal yang benar-benar utama. Lantaran apabila kita menentukan benih yg tidak baik, sudah pasti akhirnya juga tak baik juga. Bibit atau benih cabe mesti telah ada terlebih dulu sebelum saat kita mulai kerjakan tempat. Benih cabe bisa didapat dari toko pertanian setempat baik berbentuk varietas lokal, OP ataupun hibrida.

Langkah Membeli
Benih Cabai untuk mudahnya ada di toko – toko pertanian seperti toko saprotan. Dengan sebagian jenis merk dagang seperti Tanindo, Panah Merah, dengan beli di tempat kios pertanian yang resmi. Diinginkan kita bisa memperoleh benih yang berkwalitas unggul sesuai sama label, untuk beli ditoko yang perlu di perhatikan tanggal kadaluwarsa dari paket benih. Umumnya telah ada tanggal produksi, tanggal berlakunya saat tumbuh itu. Diinginkan kita beli 2 bln. sebelum saat selesai saat perkembangan maksimal.

Tak hanya beli di kios kita dapat juga beli dengan Petani Cabai yang sudah sukses menanam. Benih dari petani dapat juga digunakan dengan mencermati prasyarat – prasyarat benih, jika kita beli dari petani dibutuhkan sortasi untuk memisahkan benih yang diisi, bernas. Sortasi benih dikerjakan debngan langkah dimasukkan kedalam air, aduk sebagian waktu, yang padat terbenam serta yang mudah bakal timbul atau mengapung. Kita bakal menentukan benih yang berat untuk benih unggul.

Tak hanya beli benih ditoko pertanian, di tempat petani. Kita bisa beli bibit siap tanam, biasanya bibit siap tanam tak diperdagang untuk jarak jauh, dikarenakan bibit bakal mati dalam perjalanan. Lantaran bibit siap tanam tak dikemas wadah/media tanah yang cukup untuk sekian hari. Di Kalsel telah ada bibit siap tanam yang diperjualkan dengan tempat spesial, hingga dapat dibawa dalam perjalanan jauh seandainya disiram. Beberapa hobyes atau mereka yang mau menanam bibit Cabai secepat-cepatnya, tidak ingin menanti lama membibitkan sendiri. Untuk hobyes yang ingin cepat beli Cabai yang telah ada di Polybag serta menanti sebagian minggu, panen. Menjaga gampang, tak perlu lama lama.

Bikin sendiri. Sebelum saat kita lakukan bikin sendiri benih Cabai, ada yang perlu diperhatikan

Prasyarat buah Cabai rawit
Tak hanya kriteria berat biji, calon benih juga mesti mempunyai ciri fisik yang memberikan keyakinan seperti wujud, ukuran serta warna calon benih mesti seragam, permukaan kulitnya bersih tak keriput serta tak cacat, dan warna kulit cerah. Adapun prasyarat buah dari pohon induknya untuk di ambil bijinya seperti berikut :
  • Buah dipetik dari cabang tanaman yang terbawah, lantaran umumnya benih bakal lebih cepat tumbuh sesudah disemaikan
  • Buah telah betul-betul masak serta kulit luarnya terlihat mengkilap
  • Ukuran semakin besar dari ukuran normal, sekita panjang 3. 5 cm (Cabai Rawit Putih serta 2. 5 – 3. 0 Cabai Rawit Hijau)
  • Buah bersih tiada berbintik serta tak terkena hama, penyakit.
  • Perkembangan batang, cabang, ranting, serta daunnya subur
  • Tanaman tak etrserang hama serta penyakit
  • Usia minimum 7-8 bln., lantaran produksi buahnya telah meraih maksimal
  • Tanaman baiknya berbuah lebat

Hama serta Penyakit
Tanaman pertanian ini berbatang lunak. Dengan cara alami, cabai mempunyai banyak hama yang setiap waktu mengintai.

Di musim kemarau, tanaman cabai diintai lalat buah dan kutu daun yang bisa mengakibatkan kerusakan buah cabai. Sedang di musim penghujan, tanaman cabai terancam oleh antraknose, jamur serta pseudomonas solanaceanum (pemicu layu, red.).

Untuk menangani lalat buah serta kutu daun, semprotkan pestisida (seperti : Qthene, Hosianon, Curacron) dua minggu sekali sesudah tanaman geser ke pot (umur 1 bulanan). Serta untuk menangani penyakit disebabkan antraknose, jamur serta bakteri dapat dengan penyemprotan fungisida (seperti : Dithane) satu sampai dua minggu sekali.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment