Manfaat dan Ciri Buah Mengkudu ~ Agro Budidaya

Manfaat dan Ciri Buah Mengkudu




Tanaman Mengkudu adalah tanaman yang tumbuh di dataran rendah hingga pd ketinggian 1500 m. Tinggi pohon mengkudu mencapai 3-8 m, memiliki bunga bongkol berwarna putih. Buahnya yaitu buah majemuk, yang terus muda berwarna hijau mengkilap dan memiliki totol-totol, dan saat sudah tua berwarna putih dengan bintik-bintik hitam.

Dengan cara tradisional, masyarakat Aceh memakai buah mengkudu untuk sayur dan rujak. Daunnya juga digunakan untuk diantara bahan nicah peugaga yang sering terlihat untuk menu mesti buka puasa. Karena itu, mengkudu sering ditanam di dekat rumah di pedesaan di Aceh. Selain tiu mengkudu juga sering digunakan untuk bahan Obat-obatan.

Ciri-ciri serta Karakteristik Buah Mengkudu

Pohon mengkudu tdk sekian besar, tingginya pada 4-6 m. batangnya bengkok-bengkok, mempunyai dahan yang kaku, kasar, dan memiliki akar tunggang yang tertancap dlm. Kulit batang berwarna cokelat keabu-abuan atau berwarna cokelat kekuning-kuniangan, berbelah dangkal, tdk berbulu, anak cabangnya berupa bersegai empat. Tajuknya senantiasa berwarna hijau selama th.. Kayu buah mengkudu mudah sekali dibelah setelah dikeringkan. Bisa digunakan untuk penopang tanaman lada. Berdaun tak tidak tebal mengkilap. Daun mengkudu ada berhadap-hadapan. Ukuran daun besar-besar, tak tidak tebal, dan tunggal. Mempunyai wujud jorong-lanset, mempunyai ukuran 15-50 x 5-17 cm. tepi daun rata, ujung lancip pendek. Pangkal daun berbentuk pasak. Urat daun menyirip. Warna hiaju mengkilap, tdk berbulu. Pangkal daun pendek, mempunyai ukuran 0, 5-2, 5 cm. ukuran daun penumpu bermacam, berbentuk segitiga lebar. Daun mengkudu dapat dimakan untuk sayuran. Nilai gizi tinggi karena banyak mempunyai kandungan vit. A. yg katanya bisa menyembuhkan ambein

Bunga Buah Mengkudu tersusun majemuk, perbungaan bertipe bongkol bulat, bertangkai pada 1-4 cm, tumbuh di ketiak daun penumpu yang mana bertemu dengan daun yang tumbuh dengan normal. Bunga banci, mahkota bunga berwarna putih, berbentuk corong, panjangnya bisa mencapai 1, 5 cm. Benang sarinya tertancap di mulut mahkota. Kepala putik mempunyai puting dua. Bunga itu mekar dari kelopak serta memiliki bentuk seperti tandan. Bunganya berwarna putih, serta juga harum.

Buah Mengkudu majemuk, terbentuk dari bakal-bakal buah yang sudah menyatu dan bongkol di bagian dalamnya ; pergantian buah bertahap ikuti system pemekaran bunga yang dimulai dari segi ujung bongkol menuju ke pangkal ; diameter 7, 5-10 cm. Permukaan buah majemuk seperti terdiri dlm sekat-sekat poligonal (segi banyak) yang berbintik-bintik dan berkutil, yang datang dari bekas bakal buah tunggalnya. Warna hijau waktu mengkal, menyongsong masak jadi putih kekuningan, dan setelah itu putih pucat waktu masak. Daging buah lunak, tersusun dari buah-buah batu berbentuk piramida dengan daging buah berwarna putih, terbentuk dari mesokarp. Daging buahnya banyak mempunyai kandungan air yang aromanya seperti keju busuk atau bau kambing yang timbul karena pencampuran pada asam kaprat (asam lemak dengan sepuluh atom karbon), C10), asam kaproat (C6), dan asam kaprilat (C8). Dikira ke-2 senyawa terakhir berupa antibiotik aktif.

Beriktu ini yaitu Kandungan yang ada pada Buah Mengkudu, di mana Tanaman Obat ini mempunyai kandungan yang ada amatlah berguna untuk kesehatan badan kita.

Zat nutrisi : Seluruh mengkudu yaitu buah makanan yang bergizi komplit. Zat nutrisi yg dibutuhkan badan, seperti protein, viamin, dan mineral mutlak, ada dlm jumlah cukup pd buah dan daun mengkudu. Selenium, diantara mineral yg ada pd mengkudu yaitu antioksidan yg hebat. Bermacam jenis senyawa yg ada waktu mengkudu : xeronine, plant sterois, alizarin, lycine, dan sebagainya.

Terpenoid. Zat ini membantu dlm system sintesis organic dan pemulihan sebagian sel badan.Zat anti bakteri. Zat-zat aktif yg ada dlm sari buah mengkudu itu dapat mematikan bakteri penyebab infeksi, seperti Pseudomonas aeruginosa. Zat anti bakteri itu dapat juga mengontrol bakteri pathogen (bakteri yang mematikan) umpamanya saja Salmonella montivideo.

Scolopetin. Senyawa scolopetin betul-betul efektif sebagi unsur anti peradangan dan anti-alergi.Zat anti kanker. Zat-zat anti kanker yg ada pd mengkudu paling efektif melawan sebagian sel abnormal.Xeronine dan Proxeronine. Diantara alkaloid mutlak yg terdapt di dalam buah mengkudu yakni xeronine. Buah mengkudu hanya mempunyai kandungan sedikit xeronine, tetapi banyak mempunyai kandungan bahan pembentuk (precursor) xeronine dengan kata lain proxeronine dlm jumlah besar. Proxeronine yakni sejenis asam nukleat seperti koloid-koloid yang lain. Xeronine diserap sebagian sel badan utk mengaktifkan protein-protein yg tak aktif, mengatur susunan dan bentuk sel yg aktif.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment