Faedah Jerami Padi Untuk Pakan Ternak Sapi ~ Agro Budidaya

Faedah Jerami Padi Untuk Pakan Ternak Sapi




Faedah Jerami Padi Untuk Pakan Ternak Sapi | Agro Budidaya – Tak hanya bisa di pakai untuk pupuk, nyatanya jerami padi bisa di pakai untuk pakan ternak sapi baik di hidangkan dengan cara segera ataupun di proses terlebih dulu, bila mau memiliki faedah yang lebih buat sapi pastinya mesti di proses terlebih dulu.

Sebenar nya bila jerami padi di hidangkan dengan cara segera itu mempunyai sebagian kekurangan sendiri seperti : kandungan serat nya tinggi atau kasar, kandungan protein serta mineral nya lemah atau kurang, silika serta lignin nya tinggi, palatabilitas serta kecernaan nya tinggi, tetapi lain lagi bila jerami padi ini di proses terlebih dulu pasti nya bakal jadikan jerami padi ini lebih berkwalitas.

Serta mutu jerami padi hasil olahan ini di antara nya yakni seperti meningkat nya nilai nutrisi serta kecernaan, meningkat nya tersedianya daya, menaikkan mineral serta nitrogen dan sebagainya. Namun Jerami padi apabila dipakai untuk pakan ternak dengan cara segera mempunyai kelemahan-kelemahan yakni : Kandungan protein kasar rendah, kandungan serat kasar, lignin serta silika tinggi, kandungan mineral rendah, kecernaan nya rendah dan palatabilitas nya rendah.

Dua langkah mengolahan jerami padi

Langkah amoniasi ini memakai urea yang mempunyai tujuan agar bisa menghancurkan ikatan hemiselulosa, menambah nitrogen, memuaikan serat yang ada pada jerami, serta menghidrolisa ikatan lignin, diluar itu faedah lainnya dari amoniasi yakni untuk menambah mutu konsumsi pakan, Menambah daya cerna, serta untuk memperkaya kandungan protein nya.

Langkah pemrosesan nya yakni :
  • Cacah jerami padi kecil-kecil,
  • Imbuhkan urea seputar 6% dari bobot jerami yang di pakai,
  • Input jerami padi pada wadah yang berbentuk drum atau apa lah yang bisa menyimpan jerami itu,
  • Lalu input air bersih sejumlah jemari itu,
  • Lalu bila jerami telah di input semprot dengan cairan urea,
  • Kemudian tutup dengan plastik sepanjang satu minggu, dan
  • Yang paling akhir sesudah satu minggu buka tutup nya serta amoniasi juga siap untuk di hidangkan pada ternak sapi anda.
Langkah bioligis
Langkah tersebut dimaksud juga dengan fermentasi, yakni memakai koloni mikroba nya, dengan memakai starbio serta urea adapun langkah pembuatan nya yakni lewat cara menumpuk jerami hingga padat seputar 30 cm, lalu semprot kan starbio serta urea masing-masing sejumlah 0, 6% dari berat jerami padi, lalu siram kan air bersih seperlunya dengan kelembapan nya meraih 60%.

Kerjakan cara itu sampai meraih ketinggian yang di inginkan, serta sesudah seluruhnya selesai, diamkan tumpukan jerami itu sepanjang 21 hari, apabila telah meraih 21 hari tumpukan juga bisa di bongkar serta di hidangkan.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment