Budidaya Tanaman Ketumbar ~ Agro Budidaya

Budidaya Tanaman Ketumbar




Budidaya Tanaman Ketumbar

Budidaya Tanaman Ketumbar | Agro Budidaya -Ketumbar (Coriandrum sativum) adalah tanaman obat yang berupa terna/herba, tinggi 20-100 cm, batang bila memar berbau wangi. Daun sharing menyirip, tak memiliki rambut, berseludang dengan pinggir warna putih. Bunga majemuk berupa payung, tangkai bunga 2-10 cm, daun pembalut kecil. Mahkota bunga berwarna merah muda atau merah pucat, panjang bunga 3-4 mm, beberapa bunga yang sudah mekar gugur. Panjang buah 4-5 mm. Ekologi. Tumbuh di Jawa, Sumatera, serta di daerah pegunungan dengan ketinggian 700-2. 000 m dpl. Biasanya ditanam di ladang serta di pekarangan rumah.

Tanaman bisa tumbuh pada beragam type tanah, namun yang paling pas tanah yang mudah, tanah lempung yang memiliki kandungan kapur atau berbentuk basa serta berdrainase baik. Tanah yang banyak memiliki kandungan air atau berbentuk asam tak baik untuk tanaman ketumbar. Tanah yang terlampau banyak memiliki kandungan nitrogen mengakibatkan perkembangan vegetatif, hingga kurangi hasil panen. Curah hujan 1. 000 - 2. 000 mm/th.. Sepanjang perkembangan bunga serta buah hingga saat panen diusahakan sedikit hujan. Penanaman di tegalan dikerjakan pada pertengahan hingga akhir musim hujan. Pada tanah yang diairi, saat tanam yang baik pada musim kemarau. Di daerah tropis ketumbar ditanam di daerah pegunungan. Di dataran rendah akhirnya kurang memuaskan.

Budidaya Tanaman Ketumbar
Langkah Budidaya. 
Perbanyakan tanaman dikerjakan dengan biji. benih diambil dari biji yang sehat serta masak. Pemrosesan tanah dikerjakan dengan mengcangkul 2 kali sedalam 25-30 cm, gulma dibikin bersih, tanah digemburkan serta diratakan. Di sekitar tanah yang bakal ditanami di buat saluran - saluran drainase. Benih disebar pada alur sedalam 2, 5 cm dengan jarak tanam 10-15 hari. Jarak antar alur 35-100 cm. Benih bakal tumbuh sesudah 10-15 hari. Sesudah cukup besar, tanaman dibumbun serta disiangi sekian kali. Tanaman mulai berbunga, saat pembentukan buah, serta panen, menginginkan cuaca cerah supaya buah tak cepat busuk. Pada musim kemarau situasi tanah dijaga supaya terus lembab dengan mengairi tanaman.

Langkah Panen. 
Tanaman dipanen apabila berwarna coklat kuning, yakni pada usia 3-3, 5 bln. dari saat tanam. Panen dikerjakan lewat cara memotong atau mencabut tanaman lalu tanaman di ikat serta dijemur sepanjang 1 minggu atau lebih. Biji dilepaskan dari buah serta dijemur lagi hingga kering.

tanaman ketumbar

Faedah serta Manfaat :
Turunkan kandungan gula pada pasien Diabetes. Didalam ketumbar ada zat yang dimaksud cumin, di mana stimulasi dari zat cumin bakal menambah seksresi insulin dari dalam pankreas. sistem ini bakal mengubah gula jadi glikogen yang bakal digunakan oleh badan, hal semacam ini bakal berikan dampak positif pada penurunan kandungan gula darah supaya kembali normal ;

Menangani beragam masalah kulit. Ketumbar bisa menyembuhkan beragam persoalan kulit yang timbul seperti pada penyakit eksim, kulit kering serta infeksi kulit yang disebabkan oleh jamur ;

Melindungi siklus serta kelainan menstruasi. Ketumbar bisa merangsang dari sekresi hormon estrogen dari kelenjar endokrin hingga bisa melindungi kedisiplinan (siklus) menstruasi serta kelainan-kelainan lain yang barangkali timbul pada waktu menstruasi seperti : rasa sakit yang terlalu berlebih dan lain-lain ;

Melindungi Kesehatan mata. Kandungan vitamin A, C, Mineral dan fosfor yang terdapat dalam minyak esensial ketumbar bisa menolong menambah kesehatan mata, menghindar degenerasi makula, kelelahan mata, serta ketumbar memliki anti infeksi pada situasi konjungtivitis ; menangani diare.

Komponen basic borneol serta linalool yang ada dalam minyak esensial ketumbar menolong kesehatan pencernaan serta menolong sistem pengikatan feses pada usus bisa kurangi serta menghentikan diare ; Anti Inflamasi (anti radang). Kandungan cineole serta asam linoleat mempunyai manfaat anti inflamasi, anti reumatik serta kurangi pembengkakan yang timbul pada sendi disebabkan artritis reumatik ; Turunkan kandungan Kolesterol. Beragam senyawa asam yang ada pada ketumbar seperti asam linoleat, asam palmitat, asam askorbat, asam oleat, asam stearat dipercaya mempunyai fungsi serta peran utama dalam turunkan kandungan kolesterol darah.


Previous
Next Post »
Thanks for your comment