Tips Penggemukan Ternak Sapi Potong ~ Agro Budidaya

Tips Penggemukan Ternak Sapi Potong




Tips Penggemukan Ternak Sapi Potong | Agro Budidaya – Bersamaan jadi tambah nya jumlah penghuni alam semesta ini jadi tambah juga keperluan daging sapi di kelompok orang-orang, maka tak heran bila beberapa peternak sapi berupaya untuk menaikkan kan juga bobot dari sapi itu dengan maksud untuk menambah atau penuhi keperluan pasar, namun sudah pasti lewat cara yang benar serta tak merugikan customer.

Sapi yaitu hewan pemakan rumput serta bisa merubah nya jadi bahan yang penuh dengan gizi serta selanjut nya di pindahkan pada manusia lewat cara konsumsi daging sapi nya di mana dengan konsumsi daging sapi badan manusia bakal penuhi keperluan protein hewanni.

Langkah menentukan type sapi

Tak seluruhnya type sapi bisa digemukan, cuma sapi-sapi spesifik yang bisa digemukan, serta ada juga type sapi potong nya yakni : Sapi Madura, sapi Bali, sapi penangkaran ongole, sapi ongole, sapi hereford, sapi brangus, sapi charolois dan sebagainya, sesaat indikator-indikator penggemukan diantaranya yakni :
  • Jumlah bertambahnya populasi tiap-tiap th.,
  • Jumlah polulasi,
  • Produksi karkas,
  • Efisiensi pemakai pakan, dan
  • Penyebaran nya.

Pemeliharaan kandang

Untuk memperoleh kan sapi yang berkwalitas, satu diantara langkah nya yakni dengan senantiasa bersihkan kandang nya, lewat cara kotoran nya diambil serta di kumpulkan tiap-tiap hari serta dapt di buat jadi pupuk, demikian juga sisa urine nya mesti disiram hingga bersih.

Dengan kandang yang senantiasa bersih sudah pasti bakal bikin sapi ternak itu tambah nyaman, terutama itu kesehatan nya juga bakal makin terjaga apabila telah demikian sudah pasti mutu dari sapi juga bakal makin bagus serta perkembangan sapi juga bakal makin cepat.

Makanan atau pakan

Makanan yang di berikanlah yaitu makanan type rumput yang berkwalitas bagus seperti rumput yang hijau, jerami padi yang telah di proses sedemikian rupa, serta daun-daunan yang hijau, serta sesekali berilah kosentrat, adapun type rumput yang bagus itu seperti : rumput gajah, rumput setaria, rumput benggala, kalarida, gamal, rumput bede, turi, serta lamtorogun.

Diluar itu makanan yang harus di berikanlah yakni limbah pertanian seperti jerami jagung, jerami padi, jerami kedelai, serta kacang panjang serta upayakan bahan limbah dari petani ini di proses terlebih dulu supaya kandungan yang ada pada limbah itu bisa meningkat. Bila makanan penambahan seperti kosentrat dari dedak padi, ampas tahu, onggok atau ampas singkong janganlah terus-terusan lantaran makanan 80 hingga 100 Persen sebenar nya makanan sapi ini yaitu hijauan.

Tetapi makanan yang khusus untuk ternak sapi yakni dengan mencampurkan bahan seperti kosentrat sejumlah 2 hingga 5 kg, hijauan sejumlah 35 hingga 50 kg bergantung keperluan, serta makanan penambahan seperti vitamin serta mineral sejumlah 30 hingga 50 gram.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment